25 November 2010

Ikan Bisa Berubah Ukuran

Ikan Bisa Berubah Ukuran - Berita Harian, Jika Hewan dan manusia akan tumbuh dari segi ukuran dan berat itu tergantung dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, namun bagaimana jika ada ikan yang dapat berubah ukurannya sesuai dengan musim? Ini bukan mustahil, ikan ini dapat memendek dan memanjang sesuai musimnya. Fenomena langka tersebut menarik para peneliti untuk mencari tahu proses ikan yang dapat berubah ukuran tersebut.


Para peneliti dari Finlandia dan Norwegia berhasil mempublikasikan penelitiannya dalam jurnal Functional Ecology. Ini merupakan penelitian pertama terhadap pengecilan tubuh yang ditemukan pada ikan. Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa ikan tersebut akan mengecil di saat musim dingin yang dipicu oleh sebuah kondisi yang dinamai dengan over winter anorexia, saat dimana nafsu makan mereka menurun drastic di saat musim dingin.

Hasil tersebut telah diuji oleh peneliti dari dua Negara tersebut yang melakukan percobaan dengan kelompok salmonid, seperti ikan salmon dan trout dengan membuat kolam eksperimen yang telah didesain sedemikian rupa sehingga memiliki konsep yang mirip seperti musim dingin di wilayah subtropics. Percobaan tersebut menunjukkan jika salmon muda melakukan pengecilan tubuh yang signifikan yaitu sebesar 10% dari tubuh aslinya.

Peneliti belum mengetahui secara pasti mekanisme biologis yang menyebabkan pengecilan tubuh itu. Namun, peneliti menduga bahwa hal tersebut berkaitan dengan berkurangnya cairan, seperti gel yang terdapat di tulang belakang yang memicu pengecilan ukuran tubuh.




Anda Suka Dengan Arktikel Ikan Bisa Berubah Ukuran ini?. Bagikan ke teman-teman anda melalui Facebook.com atau LintasBerita.com

Related Post : Ikan Bisa Berubah Ukuran