04 February 2011

Aneh, Tanaman Ini Bisa Berganti Warna

Aneh, Tanaman Ini Bisa Berganti Warna - Berita Harian, Ternyata bukan hanya hewan saja yang bisa berganti warna kulit, namun ilmuwan pun menemukan sebuah tanaman unik yang mampu merubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi yang menaunginya. Penemu tersebut adalah seorang pakar biologi dari Colorado State University, June Medford yang berhasil melakukan rekayasa genetik terhadap tanaman arabidopsis, sehingga tanaman tersebut bisa berganti warna.


Tanaman hasil rekayasa Medford bersama timnya, akan berubah warna dari hijau menjadi putih saat tanaman itu mendeteksi unsur berbahaya di sekitarnya seperti obat terlarang, polutan, bahkan material eksplosif. Pada awalnya, tanaman bernama Reseptor ini didesain oleh Medford dengan menggunakan komputer, lalu Medford memanfaatkan bakteri untuk memodifikasi reseptor tanaman tersebut.

Dengan struktur genetika yang telah dimodifikasi, maka reseptor tumbuhan bisa mendeteksi partikel-partikel bahan kimia berbahaya, polutan, bahan peledak, atau ancaman lain. Saat mendeteksi kehadiran zat-zat tersebut, tanaman akan mengirimkan sinyal, sehingga warna hijaunya berubah menjadi putih.

"Bila Anda membawa sesuatu ke bandara internasional Denver, misalnya sebuah bahan peledak, maka tanaman ini akan berubah warna menjadi putih. Ini akan memberikan keamanan bagi Anda," kata Medford, 52, kepada situs The Denver Post. Kini, tanaman ini masih memerlukan waktu sekitar tiga jam untuk merespons keberadaan zat-zat berbahaya tadi dan perubahan warna. Namun, para ilmuwan yakin akan diperoleh kemajuan sehingga respons yang ditunjukkan tanaman bisa segera terlihat dalam hitungan menit.




Anda Suka Dengan Arktikel Aneh, Tanaman Ini Bisa Berganti Warna ini?. Bagikan ke teman-teman anda melalui Facebook.com atau LintasBerita.com

Related Post : Aneh, Tanaman Ini Bisa Berganti Warna