22 January 2011

Museum Botol Susu di Inggris

Museum Botol Susu di Inggris - Berita Harian, Tidak ada yang bisa melarang hobi seseorang meskipun itu hal konyol. Seperti di Inggris, seseorang yang bernama Paul Luke (33) mempunyai hobi yang begitu konyol. Biasanya setelah kita meminum susu, kita akan membuang botol tersebut ke dalam sampah. Justru, Luke berbeda dengan yang lainnya, ia gemar untuk mengoleksi botol susu. Mengoleksi botol susu adalah hobinya, hingga kini tercatat jika Luke telah menampung lebih dari 10.000 botol susu. Luke mengaku bahwa ia senang mengoleksi botol susu sejak berumur 9 tahun. Jangan dilihat dari botolnya, namun semua koleksi botol susunya mempunyai umur yang berbeda. Koleksi botol tertuanya diproduksi sekitar tahun 1890.


Akibat jumlah botol yang terus meningkat, Luke terpaksa harus membuat sebuah museum kecil di belakang rumahnya untuk menyimpan semua barang-barang yang dianggap berharganya itu. Meski hobinya dianggap tidak masuk akal, namun orang tua Luke tetap mendukung hobinya. Warga Essex, Inggris itu mengaku bahwa hobinya sebagai kolektor botol susu muncul saat ia menonton iklan cornflakes Kellogs. "Dan saya mulai mengambil botol itu ketika ada seorang tukang susu yang datang ke sekolah," kata Paul yang tinggal bersama istri dan satu anaknya. "Sejak itu saya berpikir sepertinya lucu juga mengoleksi botol susu."

Dari ribuan botol susu yang dimiliki botol susu, Paul punya botol yang benar-benar langka dan tinggal satu-satunya di dunia. "Aku punya botol dari tahun 1890, warna botolnya masih hijau, tapi aku paling suka botol dari tahun 1950-an, ketika mereka menggunakan tiga atau empat warna," kata Paul yang sempat menjadi tukang susu ini.

Sampai sekarang Paul masih terobsesi dengan botol susu dan terus mengumpulkan berbagai botol susu, maka tak heran jika ia membangun museum di belakang rumahnya. Dia mengoleksi botol susu ini bukan karena uang, tapi untuk mencatat sejarah. Dalam museum tersebut botol susu disusun rapih di rak-rak. Paul mencari berbagai botol susu yang diproduksi oleh produsen susu lokal. "Bila ada yang bisa kasih info, saya sangat senang," katanya. Botol susu pertama di Inggris diproduksi oleh Express Dairy Company pada 1880. Sedangkan iklan mulai muncul di botol susu pada 1920. Iklan-iklan itu hilang pada 1990-an, ketika dikenalkan botol dengan proses pengecekan kebersihan dengan inframerah.




Anda Suka Dengan Arktikel Museum Botol Susu di Inggris ini?. Bagikan ke teman-teman anda melalui Facebook.com atau LintasBerita.com

Related Post : Museum Botol Susu di Inggris